Kamis, 31 Maret 2011

Cara Mudah Menginstall LAMP Di Ubuntu


LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) adalah kumpulan aplikasi yang biasa digunakan untuk proyek pembuatan infrastruktur sebuah website. Apache berperan sebagai web server, MySQL sebagai pengatur database dan relasinya, dan PHP sebagai bahasa pemrograman web berbasis OOP (object oriented programming). Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagai info mengenai cara mudah menginstal LAMP di Ubuntu.

Pada tutorial ini saya menggunakan "tasksel" untuk mempermudah proses instalasi LAMP (lihat gambar di atas). Tasksel bisa diinstal dengan mengetik perintah berikut di Terminal:

  • sudo apt-get install tasksel  
Setelah "tasksel" berhasil diinstal, jalankan aplikasi tersebut dengan mengetik perintah berikut:

  • sudo tasksel  
Kalian akan dihadapkan dengan sebuah dialog, sorot "LAMP server" kemudian tekan tombol spasi untuk memilih lalu tekan Enter. Tasksel secara otomatis akan men-download dan menginstal LAMP di Ubuntu, tunggu proses instalasi tersebut sampai selesai. (kalian mungkin akan diminta memasukkan password untuk MySQL).



Testing Instalasi
Apache
Buka browser lalu ketik "localhost" (tanpa tanda petik) di address bar. Jika tidak ada masalah, kalian seharusnya mendapat pesan seperti gambar di bawah ini: (atau semisalnya).

PHP
Buka Terminal dan ketik:
  • sudo gedit /var/www/info.php  
Jendela Gedit akan terbuka, kemudian tambahkan baris berikut pada file yang dibuka Gedit:
  • phpinfo();  
  • ?>  
Simpan file kemudian tutup aplikasi Gedit.
Restart Apache dengan perintah:
  • sudo /etc/init.d/apache2 restart  
Buka browser lalu masukkan alamat "http://localhost/info.php" (tanpa tanda petik) di address bar. Seharusnya kalian akan dihadapkan dengan halaman seperti di bawah ini:

MySQL
Untuk mempermudah manajemen database di MySQL, disarankan untuk menginstal paket "phpmyadmin". Ketik perintah berikut:
  • sudo apt-get install phpmyadmin  
Setelah proses instalasi selesai, buka browser dan masukkan alamat "http://localhost/phpmyadmin/" (tanpa tanda petik) di address bar.

Selamat Mencoba.
Sumber : Unixmen

0 komentar:

Posting Komentar